Kamis, 16 Mei 2013

SOSOK PARA TELADAN TINGKAT KAB. TULUNGAGUNG



MENGENAL LEBIH DEKAT PARA JUARA / TELADAN
TINGKAT KABUPATEN TULUNGAGUNG Tahun 2013
( Penyuluh Pertanian Lapangan PNS, THL-TBPP dan UP-FMA )



             TULUNGAGUNG. Hari Rabu tanggal 8 Mei 2013 BKPP Kabupaten Tulungagung menerima Tim Penilai tingkat Propinsi Jawa Timur. Ada 3 penilaian yang akan dilakukan antara lain : 1. Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) PNS teladan ; 2. Penyuluh THL-TBPP teladan; 3. Kelompok UP- FMA berprestasi. PPL PNS teladan tersebut adalah Sdr. Budi Wahyunadi, S.Pt , Penyuluh THL-TBPP adalah Sdri. Purwati, STP dan Kelompok UP-FMA berprestasi adalah UP-FMA “ Mitra Tani “ Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo .
Budi Wahyunadi, S.Pt
Sosok Budi Wahyunadi, bagi rekan-rekan Penyuluh di Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai sosok yang ramah, murah senyum, mudah bergaul dan enak diajak ngobrol. Sarjana Peternakan lulusan STIPER TRIBHUWANA Malang tahun 1997 jurusan Produksi Ternak itu sudah 25 tahun malang melintang di dunia Penyuluhan dengan segudang prestasi yang pernah diraih. Prestasi tersebut antara lain : 1. Penyuluh PNS Teladan  III Tingkat Kabupaten 2010; 2. Penyuluh PNS Teladan II  Tingkat Kabupaten 2011; 3. Penyuluh PNS Teladan I  Tingkat Kabupaten 2012; 4. Sebagai Pendamping UP-FMA Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut, Juara I Tingkat Propinsi 2011; 5. Sebagai Pendamping UP-FMA Desa Bono Kecamatan Boyolangu Juara II Tingkat   Propinsi 2012. Selain mempunyai segudang prestasi, suami dari Ibu Guru Togintarti, Spd, Mm dan ayah dari 3 putra putri ini senang berorganisasi dan mengikuti kegiatan antara lain : Sebagai guru di SPP Tulungagung mengajar bidang Peternakan mulai  1995 s/d 2009, SMK N 1 Tulungagung mulai 2010 s/d  Desember 2012; Sebagai Sekretaris PERHIPTANI Kabupaten Tulungagung mulai 2009 s/d sekarang; Sebagai Sekretaris Koperasi Galuh BKPP Kabupaten Tulungagung mulai 2006 s/d sekarang; Sebagai Pengawas Koperasi Taurina Dinas Peternakan Kab. Tulungagung mulai 2009 s/d sekarang; Sebagai Pembina Lembaga Persaudaraan Masyarakat Tulungagung ( PERMATA GADING ) mulai 2012 s/d sekarang; Sebagai Takmir Masjid Nurul Iman Perumahan Puri Mas Botoran Tulungagung seksi Pembangunan mulai 2005 s/d sekarang; Sebagai Ketua RT 01 RW 06 Kelurahan Botoran Tulungagung mulai 2008 s/d sekarang; Resep keberhasilan dari semua prestasinya tersebut adalah : “ Selalu bekerja dengan ikhlas dan disiplin yang tinggi”. Terbukti saat ini dipercaya sebagai Koordinator I BPP Kecamatan Gondang Kab. Tulungagung, setiap hari dengan sepeda motor Honda WIN hijaunya selalu datang paling pagi di Kantor BPP dibanding rekan-rekan Penyuluh yang lain. Selain sebagai Koordinator Penyuluh di BPP , Pak Guru ini juga mempunyai Kegiatan Usaha yang dikelola bersama Petani . Kegiatan Usaha tersebut antara laian : Pembuatan Pakan  dengan merek  Brenggolo diproduksi UD. Brenggolo di desa Sumberejo Kulon Ngunut Tulungagung;  Penggemukan ternak sapi di desa Sumberejo kulon, Ngunut Tulungagung;  Pembibitan Benih padi dengan merek dagang Dasa Mitra Tani ( DMT )  yang diproduksi UD Anugrah di desa Bolorejo, Kauman Tulunggagung. Meski dengan tubuh agak lunglai, lapar dan cape siang itu di BPP Gondang yang cuacanya  cukup panas, tapi beliau selalu ramah dan tersenyum manis ketika penulis ajak ngobrol. Selamat berkarya Pak Penyuluh teladan, karyamu selalu kami nantikan…..….:-))
Purwati, STP
Sementara itu di ruangan yang lain di BPP Gondang juga, siang itu terlihat sosok Penyuluh cewek bertubuh mungil dan energik sedang sibuk berbincang dengan Tim Penilai dari Propinsi. Purwati adalah seorang Penyuluh THL-TBPP Angkatan Tahun 2007. Selama kurang lebih 7 tahun sebagai Penyuluh THL, banyak prestasi yang diperolehnya. Prestasi tersebut antara lain bersama-sama kelompoktani Sido Dadi dan Rukun Santoso II berhasil mengatasi dan mengendalikan hama tikus. Petani yang dulunya selalu merugi karena puso , kini bisa tersenyum menikmati hasil panennya. Kegiatan lain yang dilakukan adalah mengaktifkan kegiatan kelompoktani seperti  pertemuan rutin kelompok, kegiatan pengendalian hama dan penyakit, membangun kekompakan dan kerjasama kelompoktani baik antar anggota kelompok tani maupun antar kelompoktani ( Gapoktan ). Penyuluh yang masih single dan manis ini tidak hanya lihai dalam hal penyuluhan tetapi juga piawai memfasilitasi kelompoktani dalam membangun sarana dan prasarana kelompok seperti pembuatan gubuk pertemuan kelompok. Komoditi utama di 9 Poktan dan Gapoktan binaannya adalah padi . Tetapi komoditi peternakan seperti sapi dan kambing juga merupakan komoditi yang dibudidayakan. Sebagai Penyuluh yang selalu bekerja dengan tulus dan penuh semangat , Penyuluh yang satu ini juga memanfaatkan waktu luangnya untuk menekuni bidang usaha agribisnis di rumahnya. Usaha Agribisnis yang dirintisnya  antara lain : Beternak ayam buras , klinik konsultasi dan penyedia obat-obat pertanian serta beternak kambing.  Semoga menjadi pemenang I dan agribisnisnya sukses ya mbak Puuur……………..:-))
Proses Penilaian UP-FMA " Mitra Tani "
Pagi itu sebelum Tim Penilai Propinsi ke BPP Gondang, rombongan meluncur menuju Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kab. Tulungagung. Desa Mulyosari adalah salah satu desa yang terletak di perbukitan kurang lebih 17 km sebelah barat ibukota kabupaten dengan jarak tempuh sekitar 25 menit.  Udaranya sejuk dengan pemandangan yang indah dan penduduknya ramah serta bersahaja. Kami disambut oleh kelompok UP FMA “Mitra Tani” dengan senyum yang ramah penuh kekeluargaan. Kelompok UP FMA Mitra Tani adalah salah satu kelompok yang berprestasi dari 40 kelompok UP FMA yang ada di Kab. Tulungagung. Kelompok UP-FMA yang diketuai oleh Bpk Adi Susanto dan Bpk Slamet sebagai ketua kelompok usaha bersama dengan 20 orang anggota  ini terbentuk pada tanggal 21 Nopember 2007 dengan bidang usaha Agribisnis budidaya anggrek. Kelompok UP-FMA ini selama 5 tahun mulai 2008-2012 mendapat bantuan dana hibah dari Pemerintah melalui Proyek FEATI. Bantuan dana tersebut dipakai sebagai biaya pembelajaran usaha bersama. Pada tahun pertama mendapat bantuan dana, kelompok ini membuat usaha bersama yaitu pembuatan pupuk organik dan agribisnis ternak kelinci. Kemudian pada tahun 2009 sampai sekarang beralih menekuni usaha agribisnis budidaya anggrek. Hal ini karena didukung oleh kondisi iklim daerah yang sesuai dan sumberdaya alam yang memadai untuk budidaya anggrek serta peluang pasar yang menjanjikan. Dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun kelompok ini dapat mengembangkan usaha agribisnisnya cukup baik. Terbukti sebelum mendapat fasilitas dari pemerintah, kelompok ini hanya mempunyai 4 screen house, sekarang sudah ada 13 screen house dengan populasi sekitar 10 macam jenis anggrek dan berbagai jenis anggrek lokal yang semuanya indah dan menarik dipandang mata. Omset penjualan sampai dengan bulan April 2013 mencapai sekitar Rp 146.345.000,-  Pemasaran anggrek tidak sulit karena sudah ada kerjasama atau mitra dalam bidang pemasaran dengan pengusaha anggrek ternama di Malang. Selain bermitra dengan Handoyo Budi Orchid  Malang , kelompok UP-FMA ini juga bermitra dengan Pedagang Tanaman Hias , Dan untuk bidang teknologi maupun informasinya,  kelompok UP-FMA ini didukung oleh BPTP Propinsi Jawa Timur. Prestasi yang dicapai antara lain : Juara III UP-FMA tingkat Kab Tulungagung 2010, Juara II UP-FMA tingkat Kab. Tulungagung 2011 dan Juara I UP-FMA tingkat Kab. Tulungagung 2012. Oleh karena itu di tahun 2013 ini, kelompok UP-FMA “ Mitra Tani “ masuk sebagai salah satu peserta lomba tingkat Propinsi Jawa Timur kategori UP-FMA berprestasi. Semoga berhasil menjadi juara I, dan yang paling penting semoga Usaha Budidaya Anggreknya lebih sukses……:-)  Asrie3  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar