Rabu, 12 Juni 2013

LOMBA KRPL 2013




PENILAIAN LOMBA KRPL 2013 TINGKAT PROPINSI JAWA TIMUR
DI KELOMPOK WANITA TANI “ MANGGIS “
DESA SUMBERDADI KEC. SUMBERGEMPOL KAB. TULUNGAGUNG




Sumber Gambar : BKPP Tulungagung
                TULUNGAGUNG. Selasa tanggal 11 Juni 2013 jam 12.30 WIB bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kab. Tulungagung di terima Tim Penilai Lomba KRPL ( Kawasan Rumah Pangan Lestari ) Tingkat Propinsi Jawa Timur. Tim Penilai disambut langsung oleh Bupati dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tulungagung. Dalam sambutannya Bupati Tulungagung Bpk. Syahri Mulyo menyampaikan secara garis besar keadaan dan kondisi kelompok wanita tani “ Manggis “ Dusun Selojeneng Desa Sumberdadi Kec. Sumbergempol yang pada tahun ini berhak maju sebagai peserta lomba di tingkat Propinsi Jawa Timur.   
  
Sumber Gambar : BKPP Tulungagung
Sekitar jam 14.30 WIB Tim Penilai yang didampingi oleh Kepala BKPP dan Ketua beserta anggota Tim Penggerak PKK Kab Tulungagung meluncur menuju lokasi lomba. Sampai di lokasi lomba disambut oleh ibu-ibu anggota kelompok dan sejumlah pejabat dari BKPP serta Pejabat dari Dinas terkait di Kab. Tulungagung. Meskipun saat itu sedang hujan deras, ibu-ibu anggota kelompoktani nampak sangat antusias dan semangat menyambut Tim Penilai beserta rombongan. Acara diawali dengan ramah tamah dan dilanjut langsung ke inti acara yaitu penilaian baik dari segi administrasi kelompok maupun fisik di lapangan. Tim Penilai tingkat Propinsi sebanyak 7 orang yang berasal dari Badan Ketahanan Pangan ( BKP ), PKK , BPTP , Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan dari Brenjonk Taman Organik Mojokerto. 

Sumber Gambar : BKPP Tulungagung
Selain acara penilaian pada kesempatan tersebut ibu-ibu anggota kelompok juga menjual hasil panen dari kebun KRPL berupa berbagai sayuran dan buah yang bebas pestisida dan pupuk kimia anta lain: bayam, sawi kailan, selada keriting, ketimun, kecipir, gambas, terong, tomat , sawi daging, kangkung, pare, cabe,  belimbing, jeruk, markisa, telur ayam arab dll. Tidak ketinggalan dijual pula produk olahan dari tanaman obat ( toga ) seperti jahe instan, temulawak instan, kunyit asem instan, beras kencur juga keripik/peyek bayam merah, keripik daun sirih, keripik sawi dan puding dari sayuran.
 
Sumber Gambar : BKPP Tulungagung
   Kelompok Wanita Tani “ Manggis “ yang diketuai oleh Ibu Nurhidayah dan beranggotakan 55 orang itu, tiga hari sekali mampu memasok kebutuhan sayuran ke Golden Swalayan sebanyak ± 400 ikat/bln untuk konsumen penduduk didaerah Tulungagung dan sekitarnya. Hal ini tentu saja setelah kebutuhan sayuran untuk anggota beserta keluarganya sudah terpenuhi. Selain sayuran dan buah, kelompok ini juga membudidayakan ikan air tawar ( Lele dan Nila merah ) juga Ayam Arab. Untuk ikan Lele sudah empat kali panen dengan total hasil panen ± 550 kg dengan harga jual Rp 11.000/kg. Sedangkan Ayam Arab produksi telurnya mencapai ± 250 butir/minggu. 

Sumber Gambar : BKPP Tulungagung
   Semua keberhasilan tersebut tentu tak lepas dari dukungan dan pembinaan yang intensif dari berbagai pihak, baik dari Penyuluh Pendamping maupun Pejabat yang terkait. Bahkan saat ini Kopwan Sri Rejeki sudah memberikan pinjaman modal ke beberapa anggota kelompok untuk pembelian pakan Lele. Semoga keberhasilan tersebut tetap bisa dipertahankan, KRPL semakin berkembang dan lestari serta semoga bisa menjadi Juara tingkat Propinsi. Aaamiiinn..........3x                Selamat bekerja ibu-ibu semua, hasil karyamu sungguh sangat berarti untuk pertumbuhan, kecerdasan dan kesehatan generasi penerus bangsa serta ketersediaan keragaman pangan bangsa ini.............. ( Oleh : Asrie 5 ).

       










.














  














Tidak ada komentar:

Posting Komentar